Ini Cara Mudah Mengatasi Nyeri Otot Saat Setelah Olahraga

Tidak sedikitpun dari kita yang akan mengalami nyeri otot setelah melakukan olahraga yang intens. Biasanya nyeri pada otot akan membuat seseorang menjadi sulit dalam melakukan aktivitas sehari hari. Apalagi otot sampai mengalami memar sehingga kegiatannya pun menjadi terhambat.

Penyebab terjadi nyeri pada otot dikarenakan saat seseorang istirahat terlalu lama lalu berolahraga kembali. Atau mencoba gerakan baru maupaun menambah repetisi latihan anda.

Para ahli pun menyampaikan bahwa nyeri pada otot merupakan tanda dari robekan kecil pada serat otot saat anda berolahraga. Penyembuhannya pun sekitar 24 hingga 72 jam setelah anda berolahraga.

Nyeri otot itu merupakan hal yang normal dalam proses pembentukan ulang otot. Walau begitu ada beberapa cara yang mudah dalam mengatasi nyeri otot sambil menunggu proses pemulihannya. Berikut caranya.

  • Melakukan Gerakan Ringan

Saat anda mengalami nyeri otot dan hanya istirahat di kasur maupun sofa saja tidak terlalu bagus. Anda dapat mencoba melakukan gerakan gerakan kecil yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkannya ke seluruh tubuh anda.

Peningkatan aliran darah ini mampu mepercepat nutrisi menyampakan ke otot sehingga proses pemulihan pun lebih cepat.

  • Minum Air Putih

Cara yang kedua merupakan minum air putih. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa dehidrasi juga bisa membuat nyeri otot terasa lebih sakit, maka dari itu meminum air putih merupakan cara yang praktis sehingga menjaga tubuh anda tetap hidrasi sehingga rasa nyeri akan diminimalisir.

  • Mendapatkan Asupan Protein Yang Cukup

Protein adalah nutrisi yang paling penting dalam proses membangun, pembentukan dan memelihara otot kita. Kurang lebih 90 persen protein yang masuk dalam tubuh kita akan diserap oleh otot untuk memperbaiki otot yang rusak.

Mengkonsumsi makanan yang berprotein setelah olahraga juga mampu memperbaiki kerusakan otot setelah anda berolahraga.

  • Kompres Air Hangat Atau Dingin

Langkah yang terakhir yaitu anda dapat mencoba mengompresnya dengan air hangat atau dingin di area yang nyeri otot untuk meredakan sakitnya. Dingin dari es mampu mengurangi otot yang bengkak yang disertai rasa sakit.