Makanan Ini Pantang Dimakan Saat Sembelit!

Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi pada banyak orang tentunya, dimana penderitanya sendiri jarang BAB selama seminggu terakhir atau sebanyak 1 atau 3 kali saja sehingga membuat tinja mengeras di dalam lalu ketika dikeluarkan maka dinding anus kita dapat sakit atau mengalami cedera. Penyebabnya sendiri karena terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan serat rendah, jarang berolahraga sehingga kurangnya pembakaran kalori lalu ditambah lagi kekurangan cairan.

Hampir setiap orang dapat mengalami sembelit setidaknya 1 kali saja dalam hidupnya, khususnya orang dewasa akan cukup mungkin beberapa kali mengalaminya. Sembelit sebenarnya bukan hal yang berbahaya karena terjadi karena gaya hidup kurang sehat saja, dan untuk menghindari sembelit semakin parah maka perlu untuk mewaspadai beberapa jenis makanan berikut ini agar tidak dikonsumsi jika kalian sedang menderita gangguan tersebut saat ini.

1. Menghindari makanan beku

Makanan beku cenderung merupakan jenis makanan olahan atau cepat saji dan praktis, tidak diragukan lagi jenis makanan seperti ini kurang sehat dan aman bagi kesehatan tubuh bila terlalu sering dikonsumsi. Ketika makanan sudah dibekukan maka akan membuat nutrisi atau serat di dalamnya menjadi berkurang bahkan hilang sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai makanan sehat lagi.

Selain itu makanan beku juga sangat tinggi akan pemanis, pengawet dan zat bahkan lemak jahat di dalamnya yang akan membuat perut kesulitan mencernanya lalu justru berakhir membuat sembelit saja, maka sebaiknya hindari makanan ini saja sejak sekarang.

2. Mengkonsumsi daging merah

Mencegah terjadinya sembelit sangatlah mudah yaitu memilih dengan cermat apa yang kalian konsumsi setiap harinya, yaitu paling direkomendasikan adalah makanan lemak rendah tetapi seratnya tinggi jadi carilah makanan seperti itu saat sedang sembelit. Dan yang paling harus dihindari adalah daging merah ketika kamu sudah terlanjur sembelit karena daging ini sangat kaya akan lemak tinggi dan tidak baik terhadap pencernaan tubuh.

3. Minuman alkohol

Seperti yang dijelaskan kekurangan cairan juga menjadi penyebab sembelit maka untuk membuat tubuh terhidrasi bukan berarti bebas meminum cairan apa saja karena tetap air putihlah yang paling bagus bagi kesehatan tubuh. Maka ketika sembelit tidak pantas meminum hal lainnya seperti alkohol atau kafein dulu karena justru memperparah gangguan tersebut saja.