Fakta Dari Mengkonsumsi Vitamin C Secara Berlebihan!

Vitamin C merupakan hal yang penting di tengah pandemi virus Covid-19 atau Corona yang masih berlangsung sampai saat ini, dimana dengan memasok vitamin tersebut akan membantu daya tahan tubuh kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang virus atau penyakit berbahaya. Tetapi vitamin C yang sejauh ini kita kenal merupakan mironutrien yang baik dapat juga menjadi sesuatu yang mengancam kesehatan tubuh bila dikonsumsi sampai mengalami overdosis, maka tidak jarang akan ada efek-efek tertentu muncul.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi vitamin C semasa pandemi ini tetapi perlu juga mengetahui batasnya seberapa banyak serta harus tahu resikonya juga bila terjadi konsumsi secara berlebihan dan berikut ini hal yang harus kalian tahu bahwa efek samping dari vitamin C berlebih di dalam tubuh!

1. Vitamin C memang namun bukan sebagai stok atau disimpan di dalam tubuh begitu saja

Jenis vitamin ini biasanya hanya akan berlalu begitu saja setelah masuk ke dalam tubuh sehingga akan mengikuti lemak untuk lenyap, jadi tidak berarti ada tempat khusus di dalam tubuh untuk menyimpan vitamin c agar dijadikan stok melainkan hilang secara cepat. Dari kondisi berikut kalian sudah sadar bahwa perlu kadar yang mencukupi untuk mengkonsumsi vitamin c yang sering mengakibatkan salah paham dan banyak orang memakan suplemen atau makanan dari luar secara berlebihan.

2. Mudah mengalami gangguan pada pencernaan

Sesuai hasil studi yang dikutip dari sebuah buku berjudul Dietary Reference Intakes for Vitamin C, E, Selenium, and Carotenoids menyatakan di dalamnya bahwa untuk anak berusia 1-8 tahun tidak mengkonsumsi lebih dari 25 mg vitamin dan usia remaja dari 9-18 tahun paling maksimal 75mg serta orang dewasa juga hanya 90 mg untuk per harinya. Tubuh kalian paling maksimal hanya akan menerima 2.000 mg saja dan jika berlebihan efek sampingnya adalah gangguan pencernaan mulai dari sakit perut, diare, serta rasa mual.

3. Dapat beresiko kelebihan zat besi

Vitamin C dapat membantu peningkatan dalam penyerapan zat besi di bagian organ hati kita jadi ini alasan kenapa baik vitamin C dengan zat besi adalah kombinasi sempurna dan wajib dikonsumsi secara rutin. Hal tersebut akan bagus selama jika kita tidak berlebihan dalam bagian vitamin C karena dapat merangsang produksi zat besi yang berlebihan juga sehingga organ jantung, lever, pankreas, tiroid dan berbagai jaringan atau saraf pada tubuh dapat terjadi gangguan atau rusak.